KRT. AKHIR LUSONO, S.Sn, M.M

Akhir Lusono
Akhir Losono
Akhir Lusono

Info 6



MENIKMATI musik bukan saja akan memberikan hiburan serta menjadi teman dalam suasana tertentu, namun dengan menikmati musik bahkan mampu mencermati lirik lagu yang penuh pujian akan kebesaran Allah, akan semakin mendekatkan serta menebalkan rasa keimanan seseorang. “Sehingga dengan bermusik bukan saja mendapatkan kepuasan batin hiburan tetapi juga semakin membuat orang untuk lebih dapat bijaksana,” tutur Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta Ki Ashad Kusumajaya, dalam orasi budayanya di Sedekah Seni Malam 1000 Bulan yang dihelat LSBO PWM DIY bekerjasama dengan LSBO PDM Kulonprogo, di Panti Asuhan Bina Ussadah Galur Kulonprogo, Sabtu (1/6) malam.
Menikmati keindahan musik bila dilakukan dengan cara dan niat untuk lebih mendalami hakekatnya bisa saja mencapai tingkatan dzikirullah, tahapan penikmatan yang semata karena tunduk dan mengingat kepada Allah. Sehingga dalam bermusik bukan hanya semata untuk memberikan hiburan tetapi juga dapat dilakukan karena syi’ar serta upaya untuk berdakwah.
“Mendengarkan musik mampu mendekatkan diri kita pada Allah, sehingga selain untuk hiburan musik juga memenuhi syi’ar dan dapat menjadi media dakwah menuju ketqwaan kita,” tutur Ki Ashad.
Selain Ki Ashad yang menyampaikan Orasi Budaya, tampak juga Ketua LPM ISI Yogyakarta Tri Mulyono, Penyair Dr. Arif B. Raharjo dan Ketua LPMP DIY Dr. Sarjilah yang membacakan geguritan, serta Ustadz Rujito yang memberikan tauziyah serta lawak sak anane. Menurut Ketua LSBO DIY Akhir Lusono, kegiatan sedekah seni menjadi wadah silaturahmi warga Muhammadiyah yang memiliki potensi senia. Sehingga harapannya dengan adanya keguatan ini, dapat lebih memberikan pemahaman serta mengkayakan potensi warga Muhammadiyah.
“Ini potensi warga Muhammadiyah sehingga perlu diberi kanal agar mereka memiliki peran juga dalam mengembangkan seni budaya yang akan lebih memperkaya potensi Muhammaduyah,” tandas Akhir.
Lebih lanjut dikatakannya, semenjak periode kepengurusannya sudah empat kali menggelar kegiatan sedekah seni ini yang dilaksanakan pada sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan. Dalam setiap pelaksanaannya yang secara bergilir di lima kabupaten/ kota di DIY, ternyata selalu mendapat sambutan yang hangat dan antusias oleh warga Muhammadiyah dan masyarakat luas. Sehingga menurut dia, kegiatan ini dapat terus dilaksanakan.
“Tahun depan sebagai pungkasan periode kepengurusan saya Muhibah sedekah seni malam 1000 bulan akan dilaksanakan oleh PDM Sleman,” pungkas Akhir.
Back To Top